3 Hal utama yang harus dilakukan ibu hamil mencegah anak Stunting

3 hal utama yang harus dilakukan ibu hamil mencegah anak Stunting

Pengertian  tentang stunting

Ibu hamil-Stunting atau  kekerdilan  adalah keadan anak yang mengalami gangguan pertumbuhan sehingga tubuhnya lebih pendek dari anak seusianya.  Banyak kaum ibu muda tidak menyadari   asupan gizi ibu selama hamil  dapat mengakibatkan anak yang dilahirkan stunting setelah lahir.

Stunting adalah ganggua pertumbuhan yang tidak bisa diperbaharui.   Ketika seorang anak sudah dilahirkan dengan stunting/ kerdil, maka pertumbuhan akan terus lambat hingga dewasa.

Si anak tidak akan pernah mencapai pertumbuhan maksimal.  Meskipun demikian tetap diberikan asupan gizi yang tinggi untuk mencegah kondisi si anak lebih buruk dan gangguan perkembangan yang lebih parah.

Masih banyak ibu- ibu  yang belum menyadari pentingnya asupan gizi yang baik selama hamil. Ini terlihat dari data yang dikeluarkan oleh organisasi kesehtan dunia atau WHO  7,8 juta  anak balita dari 23 juta anak balita menderita stunting.

Berdasarkan  Situs depkes.go.id pada Mei 2018, menuliskan, Pemantauan Status Gizi (PSG) 2017 menunjukkan prevalensi Balita stunting di Indonesia masih tinggi,yakni 29,6% di atas batasan yang ditetapkan WHO (20%).

3 hal utama yang harus dilakukan ibu hamil mencegah anak Stunting

 

 

Hal-hal yang  harus  dilakukan Ibu hamil untuk mencegah anak stunting.

Stunting bermula dari masa kehamilan dan baru terlihat pada anak usia 2 tahun. Berdasarkan data ini betapa pentingnya ibu  yang sedang hamil menyadari dan memahami apa saja yang perlu dipersiapkan ketika masa kehamilan untuk mencegah  anak yang dilahirkan mengalami stunting. Ada tiga hal penting yaitu yang perlu dipersiapkan :

 1  Gaya Hidup  dan pola makan ibu  hamil

Gaya hidup  dan pola makan ibu sebelum dan selama hamil akan menentukan pertumbuhan janin yang dikandungnya.  Ibu yang mempunyai pola makan yang sehat dengan asupan gizi yang baik akan melahirkan anak yang normal. Yaitu berat badan dan tinggi badan yang normal.

Apabila ibu semasa hamil tidak memperdulikan asupan gizi yang cukup maka akan melahirkan anak dengan berat dan tinggi yang tidak normal. Asupan gizi yang diperlukan yaitu makanan yang empat sehat lima sempurna.

2.  Kesadaran  tentang  pentingnya makanan yang bergizi dan pola asuh yang benar

Seorang ibu yang hamil harus dibekali pengetahuan tentang gizi. Karena ibu adalah pengasuh utama yang akan merawat anaknya kelak. Pemberian asupan gizi yang baik  sejak dumulainya kehidupan sangat diperlukan.

Apabila terlambat pemberian akan mengakibatkan anak yang lahir stunting. dimana kondisi ini tidak dapat dirubah. Dalam zaman yang serba canggih saat ini pengetahuan tentang gizi dapat diakses setiap orang melalui internet.

Dan pemerintah melalui kegiatan posiandu juga memberikan edukasi tentang gizi yang baik buat pertumbuhan anak. Anak penderita stunting tidak hanya dialami masyarakat yang tergolong miskin saja.

Akan tetapi keluarga yang tergolong berkecukupan  dan sejahtera juga mengalami anak stunting. ini terjadi karena ketidak perdulian dan ketidak mengerti akibat dari kurangnya asupan gizi pada anak.

Oleh  karena itu diperlukan kesadaran dari setiap ibu yang sedang hamil dan yang mempunyai balita  memahami tentang gizi yang baik .dan pola asuh yang benar bagi anak penderita stunting.

Adalah menjadi penting bagi ibu yang hamil untuk selalu kontrol ke bidan ataupun puskesmas untuk mengetahui perkembangan bayi selama masa kandungan  dan mencegah terjadinya stunting pada anak.

3 hal utama yang harus dilakukan ibu hamil mencegah anak Stunting
3 hal utama yang harus dilakukan ibu hamil mencegah anak Stunting

3.Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan akan berpengaruh pada penyebaran penyakit infeksi pada anak-anak. Penyakit infeksi  secara tidak langsung akan mempengarugi status gizi anak.

Perilaku yang tidak bersih dan lingkungan yang kotor dapat mengganggu pertumbuhan anak. Jadi sangat diperlukan sekali pengetahuan tentang kebersihan lingkungan.

Berbagai penelitian telah dilakukan  dan ditemukan fakta : suatu daerah pedesaan yang memiliki keberlihan lingkungan yang buruk  terbukti memiliki anak balita dengan penderita stunting tinggi.

Sebailknya desa dengan perlakukan sanitasi lingkungan yang bersih memiliki anak balita penderita stunting yang rendah

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!