Air minum yang aman di konsumsi untuk kesehatan ginjal

Air minum untuk kesehatan

Air minum sangat diperlukan oleh tubuh adalah air yang tidak berwarna. Karena air adalah pelarut yang sangat baik dalam tubuh. Tubuh manusia 70 persen tubuh terdiri dari air.

Ketersediaan air tidak berwarna dalam tubuh akan membantu kerja organ di dalam tubuh . Dari mulai sistem kardiovaskuler, sistem ekskresi, sistem pencernaan dan juga kulit akan menjadi sehat.

Sehingga kebutuhan akan air yang baik untuk kesehatan menjadi sangat penting. Dalam Tubuh kita organ yang sangat bergantung pada ketersediaan air dalam tubuh adalah Ginjal.

Karena fungsinya adalah sebagai penyaring dan ,membuang zat racun dalam tubuh.

Kerja ginjal sangat tergantung pada ketersedian air dan kualitas air yang kita minum.

Adanya mineral dalam air kadang kala menjadi hambatan dalam pekerjaan ginjal untuk menyaring darah. Adanya endapan dalam darah mengakibatkan munculnya batu ginjal

Fungsi organ ginjal

Ginjal pada manusia terdapat sepasang. Fungsinya adalah sebagai penyaring , juga membersihkan racun.

Ginjal yang rusak tidak dapat diperbaiki. Ibarat saringan kalau sudah bocor tidak bisa di perbaiki. Hanya yang dapat dilakukan adalah mempertahan kan supaya fungsi nya jangan menurun.

Ginjal juga berperan mempertahan kan volume cairan tubuh. Apabila ginjal terganggu akan mengakibatkan volume cairan di dalam tubuh tidak stabil. Sehingga mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada anggota tubuh.

Oleh karena itu Ginjal mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengatur tekanan darah dan menjaga irama jantung.

Penyebab terganggunya kerja ginjal

Banyak Faktor yang mengakibatkan terganggunya kerja ginjal. Minuman yang beraneka warna, makanan yang protein tinggi dan lemak tinggi. Serta suplemen penambah energi , dan obat- obatan, baik obat pelangsing menjadi pemicu terganggunya fungsi ginjal.

Terganggunya fungsi ginjal dapat menyebabkan penyakit ginjal seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih bahkan penyakit gijal kronik yang kemudian dapat menyebabkan gagal ginjal.

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki. yang dapat dilakukan bila ginjal sudah rusak adalah menggantikan fungsi ginjal dengan hemodialisa, atau mencangkok ginjal.

Oleh karena itu menjaga kesehatan ginjal sangat penting. Apa bila ginjal sudah rusak akan mempengaruhi organ yang lain. Racun dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan dengan cara:

Mengkonsumsi air yang tidak berwarna

– Air minum yang sangat baik untuk kesehatan ginjal adalah air bening tidak berbau, berwarna dan berasa. dengan PH netral ( 6 – 7) sampai basa. Hindari minuman yang berwana. baik minuman kemasan. maupun minuman yang dibuat sendiri di rumah.

-Selain memperhatikan PH nya juga mineral yang dikandungnya. Di dalam air juga terdapat mineral yang terlarut ,seperti natrium,fosfor dan kalium.

Menurut WHO menetapkan standar kandungan padatan terlarut dalam air minum yang terbagi menjadi beberapa kriteria level. Kandungan TDS yang baik untuk diminum adalah 300-5000 mg/L

air minum
Minum air yang cukup

-Mengkonsumsi cukup air berarti mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang dibutuhkan agar proses pembuangan sampah urin dapat berlangsung dengan aman.

Konsumsi air untuk kesehatan minimal 2 L per hari. apabila aktivitas meningkat sebaiknya minum lebih banyak lagi.

Air yang memiliki dampak metabolisme yang paling rendah adalah air putih/ air bening.

untuk menjaga tubuh tetap hidrasi minumlah secara teratur. Apabila malas minum , tempatkan botol minum, di tempat bekerja, di kamar tidur . atau dalam tas kerja.JAdi jangan pernah lupa minum air

Memeriksa air yang akan dikonsumsi

Mmeriksa air yang akan di konsumsi menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal.

Lakukan pemeriksaan dengan menggunakan PH meter ataupun TDS. Dengan demikina anda dapat mengetahui apakah air yang dikonsumsi mengandung PH yang aman dan mengandung endapan mineral yang layak dikonsumsi.

PH meter dan TDS alat mengukur PH dan endapan mineral pada air minum
Perhatikan warna urine setiap hari

-Perhatikan warna urine anda setiap hari. Warna yang pekat menunjukan ginjal kita bekerja keras menyaring dan akan menjadi masalah pada ginjal kita.

Apa yang anda konsumsi akan terlihat dari warna urine yang anda keluarkan setiap hari. Oleh karena gejala penyakit ginjal sering kali tidak menunjukan gejala yang spesifik. Dengan mengamati warna urine akan menunjukan bahwa ada tidaknya masalah dengan ginjal anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!