Berpuasa dengan benar memberikan 5 manfaat langsung bagi tubuh

Berpuasa dan manfaatnya

Berpuasa : Berati menahan makan dan minum pada waktu tertentu sampai tiba waktunya untuk makan dan minum.

Puasa selain menjalankan perintah agama, berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Pada saat ini kita memasuki bulan suci Ramadan. Seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalani puasa.

Banyak orang yang melihat puasa hanya sekedar menjalankan perintah agama, Sehingga ketika berbuka tidak begitu memperhatikan asupan makanan yang dimakan.

Akan tetapi perlu diketahui Berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat yang didapat ketika berpuasa dengan benar adalah:

1.Menurunkan Berat badan

Dengan berpuasa secara benar dapat menurunkan berat badan. Karena Tubuh tetap memerlukan energi. Dan energi yang dibutuhkan berasal dari gula atau karbohidrat.

Ketika tubuh kita memerlukan energi sementara tidak ada karbohidrat yang masuk kedalam tubuh, maka tubuh akan mengubah lemak yang ada didalam tubuh menjadi sumber energi.

Berpuasa dengan benar adalah ketika waktu makan , kita tetap memperhatikan asupan makanan dan tetap menerapkan pola makan yang sehat.

Jika ini tidak diperhatikan maka berpuasa tidak dapat digunakan sebagai upaya menurunkan berat badan.

Oleh karena pada masa puasa seringkali menyajikan makanan yang berlebih karena puasa dapat juga meningkatkan nafsu makan.

Hal ini disebabkan pada masa puasa banyak makanan maupun minuman yang ditawarkan yang justru merupakan asupan makanan yang kurang sehat bagi tubuh kita.

Jadi bila ingin puasa ini juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. sebaiknya ketika berbuka hendaknya meperhatikan asupan makanan yang dimakan apakah mengikuti konsep gizi yang seimbang.

2.Detoxifikasi tubuh.

Selama puasa maka organ -organ di dalam tubuh tidak dipaksa bekerja keras, Ada waktu bagi organ untuk bekerja agak santai.

Pada waktu kita berpuasa organ-organ tubuh dapat melakukan detoxifikasi secara otomatis yang disebut autolisis, Yaitu dengan membuang racun-racun didalam tubuh dan juga membuang sel-sel mati dan radikal bebas dalam organ tubuh.

Sehingga terjadi regenerasi pada sel-sel organ tubuh. Proses detoxifikasi ini tentu akan menyehatkan organ -organ pencernaan, hati dan ginjal dan organ lainnya . Melaui detoxifikasi juga akan mencegah terjadinya bermacam-macam penyakit yang membahayakan.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Selama puasa, sistem pencernaan kita juga akan mengalami perubahan Dengan berpuasa akan membuat waktu makan kita menjadi teratur, Hal ini akan membuat kerja sistem pencernaan anda menjadi efisien.

Sistem pencernaan menjadi lebih teratur sehingga fungsi metabolisma tubuh menjadi lebih cepat dan lebih baik

Bubur sumsum Makanan bagi yang berpuasa

4.Memperbaiki pola makan

Ketika anda menjalankan puasa maka, anda akan memperhatikan makanan yang akan anda makan. Anda akan mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat lebih dahulu.

Untuk dapat langsung diubah menjadi energi. kemudian memakan makanan yang lunak, untuk membuat pencernaan tidak kaget.

Tentu akan menjadi masalah apabila pada saat berbuka anda mengkonsumsi makanan yang merangsang, seperti pedas dan asam.

Oleh karena itu selama berpuasa akan mengatur ulang pola makan yang tentunya akan membuat sitem pencernaan menjadi lebih baik.

5. Memperbaiki produksi Insulin

Puasa selain untuk melaksanakan ibadah, Puasa juga akan memperbaiki sitem kerja organ Pankreas dalam memproduksi insulin.

Karena Insulin berfungsi untuk mengolah glukosa dalam darah. Dengan adanya waktu jeda dalam mengkonsumsi makanan selama berpuasa akan membuat kerja pankreas lebih efektif dalam memproduksi insulin. Dan ini tentu menyehatkan tubuh.

Kesimpulan

-Dengan berpuasa anda dapat mengatur ulang sistem metabolisma tubuh dan ini bermanfaat untuk menyehatkan tubuh serta merawat organ -organ tubuh secara alami.

-Puasa menjadi bermanfaat bila dalam menjalankannya anda tetap menggunakan sistem asupan gizi yang seimbang.

-Berpuasa selain memberikan kebahagian karena dapat melaksanakan Perintah agama, berpuasa dapat menjadi cara anda untuk menjaga kesehatan. karena sehat itu mahal.

-Sebaiknya lakukan puasa tidak hanya pada saat bulan suci saja, akan tetapi lebih baik dilakukan secara rutin dan akan memberikan manfaat langsung bagi kesehtan tubuh.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!