Demam berdarah kenali gejalanya sejak dini untuk penanganan yang optimal

Demam berdarah penyakit mematikan

Demam berdarah dengue (DBD) : Adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Agepty . Nyamuk ini dapat menggigit siapa saja , anak-anak maupun orang dewasa, tua ataupun muda. Nymuknya Aedes Agepty berkembang biak di daerah tropis.

di indonesia kasus demam berdarah sangat sering terjadi. Terutama ketika memasuki musim hujan. Setiap tahun ada saja yang terkena penyakit ini.

Pemerintah melalui puskesmas melakukan gerakan pembersihan lingkungan dari jentik -jentik nyamuk tersebut dengan cara melakukan fogging untuk menekan jumlah yang terkena penyakit DBD.

Memasuki musim penghujan banyak masyarakat yang terserang penyakit Demam berdarah ini.

Tidak jarang harus penderita harus dirawat di rumah sakit atau bahkan yang lebih fatal meninggal dunia. Ini terjadi karena menganggap sepele dengan gejala yang muncul, dan mulai merasa perlu kerumah sakit ketika sudah tidak berdaya.

Jika semua mengetahui bahwa perkembangan virus DBD begitu cepat didalam tubuh, maka penderita dapat terselamatkan karena penanganan yang optimal.

Penanganan yang optimal dapat dilakukan apabila dengan segara memeriksakan darah ke laboratorium.

jika menunggu dalam beberapa hari saja untuk pemeriksaan laboratorim sudah dinyatakan terlambat, Akibatnya virus tersebut sudah menyerang segala organ tubuh yang berujung pada kematian.

Untuk menghindari keterlambatan penanganan perlu pengetahuan tentang gejala penyakit DBD ini. Bagi masing masing orang gejalanya berbeda, dan masa inkubasi virus tersebut juga berbeda.

Oleh karena itu bila mengalami demam jangan dianggap remeh, segera kedokter. Apabila sudah makan obat penurun panas dan tidak turun selama 2 hari ,usahkan lah untuk periksa darah di laboratorium.

Untuk memastikan seseorang menderita demam berdarah atau bukan.
Untuk itu perlu diperhatikan benar tentang gejala -dari DBD yang senatiasa berubah.

Anda perlu hati hati menyikapi gejala yang ada pada diri anda ataupun keluarga supaya dapat di tangani dengan hasil yang optimal

Demam berdarah,ditularkan nyamuk Aedes Agepty

Gejala awal penyakit demam berdarah.

Sebelum seseorang dinyatakan menderita DBD, biasanya ada gejala yang menyertainya. Gejala ini sangat samar karena hampir mirip dengan gejala Typus , maupun radang tenggorokan. Adapun gejala yang hampir sama tersebut adalah:

-Mengalami demam, dan kadang demam mencapai 40 derajat scelsius. hal ini juga akan sama dialami oleh penderita typus dan radang tenggorokan.

-Pada penderita DBD, bila diberikan minum obat turun panas, maka demamnya akan turun kemudian akan naik kembali setelah pengaruh obat hilang.

Sedangkan bagi penderita typus pada siang hari penderita tidak merasakan apapun tapi malam hari demam tinggi

-Sakit kepala yang parah dan, nyeri pada bagian belakang mata, dan nyeri pada otot dan sendi terasa ngilu.

-Rasa mual dan penderita akan muntah-muntah.

-Munculnya bintik merah di kulit. akan tetapi tidak selamanya ciri ini muncul sehingga tidak menjadi patokan bahwa seseorang mengalami DBD bila ada bercak merah di kulit.

-Untuk memastikan positif atau tidaknya menderita DBD, maka peru pemeriksaan trombosit, Anda dikatakan negative DBD bila trombositnya paling rendah 150.000 bila trombositnya turun maka menunjukan penderita kena DBD.

Gejala lanjutan dari penderita DBD

Selanjutnya bila dalam gejala awal masih belum terlihat apakah penderita terserang DBD atau tidak, maka gejala selanjutnya dalah,

-Tubuh mulai lemah, dan kesadaran mulai menurun

-Terjadi pendarahan karena pecah pembuluh darah. dan bisa muntah darah atau darah keluar dari hidung dan mengakibatkan hilangnya kesadaran

-Tekanan darah melemah.

-pada tahap ini sering kali penderita sudah tidak demam, pada hari ke 5 sehingga kadang kala salah menafsirkan penyakit ini, dianggap sudah sembuh,

Akan tetapi keesokan harinya biasanya akan drop bahkan bisa tidak sadarkan diri, karena trombosit sudah tinggal 20.000 dan virus sudah menyerang organ vital seperti lever, ginjal, lambung bahkan batang otak.

Pahami gejala-gejala dari penyakit ini agar anda lebih waspada dan dapat mengantisipasi penyakit ini dengan lebih baik. karena perkembangan penyebarannya begitu cepat jadi waspada dan jangan anggap sepele.

Pengobatan Demam Berdarah

Pengobatan Penyakit demam berdarah dapat dilakukan dirumah. Apabila pada tahap gejala awal sudah diketahui maka penderita demam berdarah tidak harus dirawat di rumah sakit cukup dirumah.

Setiap hari lakukan pemeriksaan darah ke puskesmas atau klinik terdekat. perawatan yang dilakukan di rumah adalah:

-Istirahat total dirumah. usahakan minum banyak air putih.

-Makan makanan lunak, tidak perlu banyak tapi sesering mungkin. karena masih terasa mual.

-Hindari makanan yang merangsang, seperti asam dan pedas.

-Konsumsi makanan yang menambah stamina seperti , sari kurma, jambu merah angkak dll. karena virus tidak ada obatnya.

-Minum obat penurun panas seperti prasetamol untuk menurunkan demam. jangan sekali -kali gunakan obat penghilang rasa sakit karena akan berpengaruh pada kerja organ ginjal.

-Usahakan kamar yang bersih, dan tidur pakai lotion anti nyamuk atau kelambu.

Pencegahan terhadap serangan DDB

Pencegahan terhadap serangan Virus DDB dapat dilakukan dengan cara menghindari gigitan nyamuk Aedes Agepty dengan cara:

-Membersihkan bak air dan jangan membiarkan air tergenang untuk menghindari berkembangnya jentik nyamuk tersebut

-Lakukan fogging di lingkungan sekitar perumahan

-Kalau tidur gunakan obat anti nyamuk, lotoin anti nyamuk, kelambu

-Tingkatkan stamina tubuh , terutama di musim hujan, tetap perhatikan asupan makanan yang berguna meningkatkan stamina tubuh.

-Minum suplemen menambah daya tahan tubuh, terutama pada musim penghujan ini.

7 thoughts on “Demam berdarah kenali gejalanya sejak dini untuk penanganan yang optimal

  • July 1, 2019 at 2:22 am
    Permalink

    I actually wanted to post a small comment to be able to appreciate you for those stunning steps you are posting on this website. My prolonged internet research has finally been paid with high-quality insight to exchange with my friends and family. I ‘d assert that most of us readers actually are extremely blessed to be in a great network with many awesome professionals with good pointers. I feel extremely lucky to have used your site and look forward to so many more awesome times reading here. Thank you once more for all the details.

    Reply
    • July 12, 2019 at 12:02 am
      Permalink

      Thank you veri much for your response, thank you for visiting my blog

      Reply
  • July 7, 2019 at 9:40 am
    Permalink

    Does your blog have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to shoot you an email. I’ve got some ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward to seeing it grow over time.

    Reply
    • July 11, 2019 at 11:57 pm
      Permalink

      thank you for visiting my blog,

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!