Identifikasi penyebab wajah tua ,keriput dan kusam

Identifikasi penyebab wajah  Tua.

Identifikasi penyebab wajah tua perlu dilakukan untuk mengatasi masalah kulit wajah pada wanita. Seseorang bisa terlihat lebih tua wajahnya dari usianya  disebabkan antara lain Keriput dan kusam. Wanita akan senang bila dikatakan tampak lebih muda. oleh karena itu ketika wajah menjadi kusam dan ada tanda  keriput  menjadi masalah yang sangat serius bagi  wanita. Adanya keriput   dan wajah kusam membuat wajah tua.Wajah tua   membuat wanita  kurang percaya diri.  untuk mempertahankan penampilan yang tetap terlihat awet muda tidak jarang wanita melakukan berbagai ritual kecantikan maupun menggunakan produk skin care.  Tetapi seringkali solusi yang didapat menimbulkan masalah lain, seperti ketergantungan pada pemakaian cream yang berbahan kimiawi. Selain itu  mahalnya biaya perawatan yang dikeluarkan untuk mendapatkan hasil wajah cerah ,glowing dan menyamarkan wajah tua. Identifiksi penyebab kulit kusam dan keriput adalah solusi  mendapatkan tindakan yang tepat yang memberikan hasil yang optimal

Penyebab wajah  tua ,keriput dan kusam
Penyebab wajah tua ,keriput dan kusam

  Penyebab Kulit Kusam:

Kulit kusam adalah adanya sel kulit mati yang tetap menempel di kulit wajah. Kulit  mati  akan menghambat penyerapan segala kosmetik yang diaplikasikan sehingga wajah  kelihatan kering dan tidak cerah. Ada banyak factor yang mengakibat kan kulit kusam  antara lain:

1.Tidak melakukan cukup eksfoliasi

Tidak melakukan eksfloasi adalah tidak melakukan pengelupasan pada sel kulit mati. Mencuci muka dua kali sehari tidak cukup untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel di wajah . Penyebab paling umum dari kulit kusam adalah kekeringan. Kulit kering harus mengelupas untuk  menghasilkan kulit yang segar dan cerah. Eksfoliasi dapat membuat kulit menyerap lebih baik produk kecantikan yang diaplikasikan. Sel kulit yang diberi nutrisi dengan baik akan  menhasilkan kulit yang cerah

2. Kurang kelembapan

Kurang nya kelembabapan  setelah melakukan treatment pengelupasan  sel kulit mati akan membuat sel yang baru mengalami kekeringan juga.  Sel kulit baru memerlukan kelembapan. Proses ini terjadi pada lapisan mikroskopis. Lapisan yang biasanya mengalami keretakan disebut sebagai kusam. Dengan menggunakan pelembap  permukaan kulit menjadi halus dan tampak bersinar.

wajah tua, keriput dan kusam
wajah tua, keriput dan kusam 

3. Kurang minum

Kurang minum akan berpengaruh pada seluruh organ Tubuh tidak kecuali juga pada kulit wajah. Karena tubuh manusia 70% terdiri  dari air maka minum menjadi hal yang sangat penting bagi manusia . Jika anda mengalami dehidrasi itu juga pasti mempengaruhi kulit untuk jangka panjang. Jangan sepelekan masalah dehidrasi.karena akan mempenagruhi penampilan kulit wajah anda.  Dehidrasi juga akan mempengaruhi cara anda memilih kosmetik. Karena sebagian besar sel kulit terdiri dari air maka kosmetik yang dipilih haruslah yang bisa bekerja dengan baik pada kulit yang terhidrasi. Kulit dehidrasi dibagi menjadi tiga, yakni dehidrasi epidermal, dehidrasi dermal, atau keduanya. Dehidrasi epidermal ditunjukkan dengan munculnya garis-garis halus. Sedangkan dehidrasi dermal menyebabkan kulit keriput dan kendur. Jadi perlu diperhatikan setiap hari minum 2-3 liter sehari.

4. Stres

kondisi stres  mempengaruhi penampilan anda  karena  menyebabkan peningkatan hormon  kortisol, yang mempengaruhi aliran darah ke kulit. Rasa marah, frustasi, kecewa, apapun bentuknya,  dapat menjadi pembatas antara Anda dan kulit bersinar yang diinginkan.

5. Kurang tidur

Tidur adalah waktu restoratif tubuh, dimana  sel kulit memperbaiki diri dan regenerasi. Jika periode ini dipersingkat atau diubah, sel kulit tidak dapat tampil optimal. Hal ini dapat menyebabkan perubahan peredaran darah. Perubahan ini mengakibatkan  lingkaran mata menjadi gelap, kulit pucat, kering, bersisik, dan perubahan produksi minyak, serta pengelupasan kulit. Sekarang Anda memiliki satu alasan lagi untuk tidur lebih awal setiap malam

6. Lingkungan kotor

lingkungan yang kotor, seperti polusi udara dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang tidak terlindungi.  Kelembaban udara yang rendah dan angin juga merupakan masalah bagi kulit. Jika Anda hidup di daerah dengan tingkat asap yang tinggi,  latihan olahraga dapat melawan efek dari lingkungan ini. Aerobik dapat meningkatkan sirkulasi pada kulit, yang membantu pertukaran nutrisi dan menghilangkan racun pada sel kulit. Anda dapat menambahkan latihan di gym ke dalam rutinitas olah raga , dan bersiaplah  untuk melihat perbedaan yang besar pada kulit Anda.

7. Perokok

Masalah kulit yang disebabkan oleh rokok dapat terjadi dalam jangka panjang maupun pendek. Zat karsinogenik dalam rokok sangat merugikan integritas dan struktur kulit.  Asap rokok membuat kulit menjadi kering. Ketika kulit kering maka akan muncul garis garis halus diwajah yang bila tetap dibiarkan akan menimbulkan keriput.Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen, membuat kulit tampak pucat, dan keriput. Tembakau punya efek yang bisa mengakibatkan warna kulit terlihat tidak sehat dan bertekstur kasar.

8.Makeup yang salah

Hal lain yang dapat membuat kulit anda menjadi kusam adalah makeup yang menyebabkan kulit anda semakin kering. Gunakan lah make up yang membuat kulit jadi lembab dan juga gunakan cairan pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol. Gunakan sabun yang membuat wajah jadi lembab. Hindari pemakaian sabun yang beraroma wangi. Usahakan mencari pembersih wajah yang dapat menghapus riasan dan melembabkan wajah diwaktu bersamaan. Adalah lebih bagus bila mengaplikasikan satu produk kecantika yang dapat mmenuhi segala kebutuhan kulit wajah.

9. Makan makanan sehat dan melakukan diet seimbang

Apa yang anda masukan ke dalam tubuh akan tercermin melalui kulit. Jika tujuannya adalah menghasilkan kulit bersinar, sebaiknya hindari  makanan asin dan gorengan. Makanan ini meningkatkan pembengkakan jaringan melalui retensi cairan. Beberapa ahli diet menyarankan untuk memakan makanan dengan bahan-bahan yang  antioksida, protein berkualitas tinggi, asam lemak esensial.  Makanan yang dapat menyenangkan perut sekaligus kulit Anda, beberapa di antaranya adalah blueberry, cranberry, dan kacang merah. Sedangkan alpukat, kenari, jeruk, dan kiwi dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Penyebab kulit keriput.

Penyebab kulit keriput selain dari pertambahan usia juga hal-hal lingkungan luar. lingkunagn luar  yang sudah diuraikan diatas seperti merokok, stres dll. Ada beberapa faktor lagi  yang menyebabkan kulit keriput :

1.Kena sinar matahari terlalu sering

Penyebab kulit keriput bisa jadi akibat kena sinar matahari terlalu sering. Sinar ultraviolet sangat merusak kulit. Bagi yang bekerja diluar kantor atau dilapangan sebaiknya gunakan sunblock dengan Sf yang tinggi. Dan diusahakan pakai pelindung wajah seperti  topi. Penggunaan sunblock setiap dua jam sekali. Bila terpapar matahari lebih dari dua jam sebaiknya  penggunaan sunblock di ulangi lagi.

2. Kontraksi otot wajah

Kontraksi otot wajah mempengaruhi timbulnya   keriput di ujung mata atau di antara alis mata. Sehari-hari selama hidup, kebiasaan ekspresi wajah seperti murung, tersenyum, atau menyipitkan mata akan meninggalkan tanda keriput di kulit.

3. Posisi tidur

Posisi tidur anda sebenarnya dapat menjadi salah satu hal penyebab kulit keriput. Tidak peduli seberapa halusnya bantal Anda, tetap saja menaruh tekanan pada wajah Anda di malam hari bisa membuat kulit keriput.

Jika salah posisi tidur telah berlangsung selama bertahun-tahun bisa meninggalkan garis di dagu, pipi, atau kening. Disarankan untuk tidur menghadap atas atau telentang guna mencegah keriput di wajah.

4.Diet yang tidak konsisten

Diet yang tidak konsisten akan mempengaruhi struktur elastisitas kulit.ketika yang gemuk melakukan diet maka sel kulit akan mengecil.kemudian ketiak gemuk lagi akan membuat kulit melebar .dan akan mempengaruhi kulit terlihat tua atau muda.

5. Kurang  disiplin berolah raga 

Kurang disiplin dalam berolah raga juga dapat membuat wajah berkeriput. Olahraga selain baik untuk kesehatan jantung, ternyata juga bisa menjadi cara mencegah kulit keriput cepat muncul. Olahraga bisa membuat sistem kardiovaskular Anda bergerak. Ini bagus untuk kulit guna mendapatkan nutrisi dan oksigen secara maksimal. Anda sebaiknya melakukan olahraga kardiovaskular untuk jantung dan kesehatan kulit.

Bila anda sudah mengidentifikasi  dan melakukan langkah langkah yang tepat bukan mustahil anda akan mendapatkah wajah yang sehat, wajah yang cerah dan berseri serta lembab.

"Identifikasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!