Ketergantungan gadged pada anak anak kenali dampak buruk nya

KetergantunganGadged pada anak

Ketergantungan gadged di masa ini menjadi persoalan serius. Gadged menjadi kebutuhan yang sangat mendasar bagi setiap orang.

Orang menjadi sangat bergantung pada gadged. Ketergantungan pada gadged tidak saja terdapat pada orang dewasa akan tetapi juga dapat kita temukan pada anak-anak.

Akibat dari ketergantungan pada gadged ini akan merubah aktivitas sosial anak. Dan juga merubah pola komunikasi baik di lingkungan keluarga maupun dilingkungan masyarakat.

Dampak dari ketergantungan gadged pada anak -anak perlu diketahui orang tua. Karena saat ini kita melihat banyak sekali anak batita yang sudah akrab dengan gadged.

Seringkali orang tua menjadikan gadged sebagai salah satu pola pengasuhan anak. Karena tidak ingin terganggu maka, orang tua memberikan saja gadged pada anak dan membiarkan anak bermain gadged terus menerus.

Dampak yang paling berbahaya bagi anak akabit ketegantungan gadged meliputi antara lain:

Anak ketergantungan gadged

1 Ketergantungan gadged mengakibatkan gangguan kejiwaan.

Anak-anak yang sering menggunakan gadged akan mengakibatkan pikirannya tetap terfokus pada gadged. sehingga tidak lagi bisa berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Orang tua yang membuat gadged sebagai alat pengasuahan anak sesungguhnya sedang memberikan racun pada anak tersebut.

Karena begitu anak- diberikan gadged, anak tersebut tidak akan akan pernah lepas dari gadged karena sudah tergantung pada gadged.

Ketika gadged di ambil atau tidak diberikan pada anak, biasanya mereka akan bereaksi menangis, mengamuk sampai diberikan lagi gadged.

Apabila anak sudah ketergantungan gadged maka mata dan tangan nya tidak bisa lepas dari gadged, Seringkali ketika gadged diambil anak tersebut tetap menggerakkan tangan dan mata yang tertuju pada tangan seolah -olah sedang memegang gadged.

2. Gangguan pada Kepala

Ketergantungan pada gadged tidak hanya membuat anak-anak mengalami gangguan kejiwaan, Akan tetapi juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Salah satunya penyakit yang dialami anak karena kecanduan gadged adalah i migren.

Dalam suatau penelitian diketahui akibat dari sinar radiasi dari gadged akan membuat aktifitas gelombang otak persepuluh detik terpotong.

Efek jangka pendek dari ketergantungan pada gadged adalah terganggunya pola tidur.

Dan secara tidak langsung akan membuat otak tetap bekerja. Sehingga dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan fungsi otak yang terjadi secara terus-menerus lama-lama akan.

Dengan kondisi ini akan membuat anak gagal fokus , stres bahkan dapat berujung pada kematian.

3. Terganggu secara psikologis

Kecanduan pada gadged juga akan membuat psikologi seseorang terganggu. Anak yang sehari harinya beraktifitas dengan gadged membuat cenderung asosial.

Hilang nya aktivitas sosial pada setiap tahap perkembangan anak karena sudah direbut oleh aktifitas gadged akan menjadi masalah yang serius bagi anak tersebut nantinya.

Terbatasnya interaksi ssosial karena gadged akan membuat anak- cenderung asik dengan dunianya sendiri dan berpotensi menjadi anak yang autis.

Melalui gadged juga akan mempengaruhi kondisi emosi anak. Pelibatan emosi yang minim dalam inetraksi media sosial akan membuat anak kurang berekspresi.

Apa bila kondisi ini akan tetap ada maka akan sulit nantinya anak berkembang dalam dunia kerja.

4. Kurangnya berempati.

Ketergantungan pada gadged akan membuat anak kurang berempati pada lingkungannya.

Anak hanya akan asik dengan dirinya sendiri. dan tidak dapat membedakan mana dunia nyata dan dunia maya yang biasa dia lihat melalui gadged.

5. Pengaruh radiasi merusak matadan organ lainnya

Kelompok riset Jerman, Verum menjelaskan bahwa sel-sel tubuh yang terkena paparan gelombang elektromagnetik akan mengalami kerusakan yang signifikan.

Beberapa kasus yang terjadi anak-anak tiba tiba mengalami kebutaan. stelah dilakukan pemerisaan yang menyeluruh ternyata anak tersebut mengalami kerusakan retina mata akibat dari sinar radiasi dari gadged.

Berbagai macam bahaya yang timbul akibat ketergantungan gadged pada anak. Bahaya ini dapat diminimalisir dengan cara ketegasan orang tua mengawasi anak dalam penggunaan gadged sejak dini.

BACA JUGA: https://www.stannia.com/identifikasi-anak-autisme-dengan-tiga-ciri/Identifikasi Anak Autisme sejak dini dengan mengenali tiga ciri penting ini

Saran

-Gadged suatu perangkat yang tidak dapat dihindari dalam zaman digital saat ini.

-Pemberian gadged pada anak-anak harus menjadi pertimbangan dan pengawasan yang serius dari orang tua.

– Kurangi penggunaan gadget secara berlebihan. Matikan semua perangkat elektronik pada malam hari . Harus komitmen untuk menetapkan waktu istirahat dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!