Potensi sukses anak rekam sejak dini untuk menentukan masa depannya

Potensi sukses anak.

Potensi sukses anak : Kemampuan anak untuk berhasil dalam hidupnya Kemampuan ini dapat di arahkan semenjak anak memasuki remaja.

Masa remaja adalah masa pembrontakkan anak. Dimana anak akan menunjukan eksistensi dirinya. dan masa remaja dimulai ketika anak memasuki bangku sekolah menengah pertama (SMP)

Memasuki tahun ajaran baru , maka banyak persolan yang dihadapi orang tua maupun guru dalam masalah pendidikan anak remaja.

Masalah zonasi sekolah, membuat orang tua dan anak didik bingung . Oleh karena keinginan untuk menentukan sekolah yang dibatasi oleh sistem zonasi.

Masalah zonasi ini juga akan mempengaruhi sistem belajar pada anak. Lingkungan dan sistem pengajaran yang tidak cocok buat anak membuat tidak nyaman dengan lingkungan sekolah.

Apabila orang tua tidak dapat menentukan sekolah yang sesuai dengan potensi anak, Maka anak seringkali terjerumus pada jalan yang salah.

Potensi sukses anak dimasa remaja

Menyiasati sistem zonasi dengan rekam potensi sukses anak.

Sistem zonasi yang ditetapkan oleh pemerintah membuat anak dan orang tua harus menerima suatu kenyataan yaitu: Tidak dapat mendaftarkan anak disekolah yang diinginkan , sekolah favorit, karena dibatasi dengan sistem Zonasi.

Dengan adanya sistem zonasi ini juga akan membuat para guru harus bekerja keras menghadapi para murid yang kadang kala tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk memastikan anak berkembang sesuai dengan potensinya tidak jarang sekolah menghadirkan psikolog utuk menemukan potensi anak dan menemukan metoda belajar yang cocok diterapkan. Pendekatan yang umum dilakukan adalah pendekatan Biopsikososial

Pendekatan bio psikososial

Dalam perilaku belajar anak- anak remaja, banyak psikolog melakukan pengamatan dengan pendekatan biopsikososial.

Yaitu mengamati perilaku belajar siswa yang tergantung lingkungan belajar dirumah dan di sekolah oleh guru dan teman sebaya.

Dan hasil yang didapat tentu akan berfluktuasi sesuai dengan kondisi lingkungan yang mempengaruhinya.

Apabila pendekatan yang digunakan untuk menentukan potensi sukses anak adalah pendekatan biopsikososial maka hasil yang didapat tidak optimal.

Anak dapat mengalami stres apabila metoda belajar yang ditetapkan berdasarkan biopsikososial.

Potensi sukses anak optimalkan melalui Neuro psikobehavior

Untuk dapat keluar dari perangkap sistem zonasi yang ada saat ini maka perlu orang tua melakukan perkeaman potensi sukses anak. Perkaman nya dengan cara pendekatan Neuropsikobihavior yaitu cara kerja otak secara individu.

Keberhasilan hidup seseorang di masyarakat ditentukan oleh kecerdasan sosialnya yang dikenal dengan keterampilan kognisi.

Kehidupan yang dijalani setiap manusia berdasarkan respon dari stimulus lingkungan.

Dengan menggunakan neuro psikobihavior dapat diketahui perilaku belajar siswa yang lebih konsisten karena berasal langsung dari fungsi kognisi kerja otak dalam bentuk potensis terpendam .

Keterampilan kognisi menentukan setiap individu menjadi cerdas dalam merespon lingkungan dengan proses adobsi , adaptasi dan kontribusi

Supaya anak kita dapat bersaing di dunia internasional perlu adanya perbaikan dalam cara mengarahkan dan mendidik nya

Cara kerja Neuro psikobihavior

Adapun cara kerja Neuropsikobehavior adalah dengan cara pengkondisian. Yaitu bagaimana proses pembelajaran melalui fungsi panca Indra yang berbasis pada cara kerja otak dan jaringan persyarafan manusia.

Melalui pengkondisian ini dapat dikelompokkan empat perilaku sosial yang terdiri dari:

1.Kinerja dengan tujuan: sukses atas dasar kinerja kuantitatif seperti uang, Pertanyaan yang diajukaan adalah : Berapa banyak, kapan dan untuk berapa lama

2. Kinerja proses: mengukur sukses dalam hal penyelesaian tepat waktu dari suatu peristiwa.

Pertanyaan yang diajukan : Apakah itu terjadi dengan cara yang seharusnya, efisien pada anggaran. Apakah langkah yang tepat untuk diikuti dan selesai

3. Kinerja dengan orang-orang: mengukur sukses dalam hal orang mengajukan peryanyaan : Apakah komunikasi yang benar terjadi, belajar dicapai, apakah bantuan yang diberikan.

4. Kinerja dengan kemungkinan: Mengukur sukses dalam hal inovatif , solusi berorientasi masa depan atau mencapai kreatif.

Pertanyananya : Apakah visioner, apakah itu berbeda, apakah kita menjaga gambar yang lebih besar dalam pikiran

Prinsip pengukuran neuropsikobehaviour dituangkan dalam bentuk pertanyaan.

Dan hasilnya dapat menggambarkan bagaimana proses membangun pembelajaran yang menyenangkan berdasar perilaku sosial yang muncul dari cara kerja otak.

Adapun komponen konstruksi yang dimakasud nantinya untuk menggambarkan peta tiga cara kerja otak sebagi berikut:

  1. Bagaimana cara berpikir bijak
  2. Cara bekerja sama
  3. Dan Cara berkarya

Selain itu disisipkan pula pertanyaan atau pernyataan yang menggambarkan kebiasaan setiap remaja untuk mengunakan fungsi Indera dalam berkomunikasi dengan teman sebaya.

Hal ini sebagai gambara kesukaan yang terbangun oleh pola asih, asuh dan asah terhadap keterampilan kognisi sejak usia dini.

Gaya Belajar

Setiap remaja mempunyai dominasi keputusan lebih cermat atau lebih cepat. Dan selanjutnya untuk keputusan yang berimbang disebut sebagai keputusan tepat.

Dominasi dalam pengambilan keputusan inilah dapat memprediksi kesukaan belajar , pilihan mata pelajaran ,pilihan kejujuran serta profesi yang berpeluang sukses dikemudian hari.

Hasil rekam potensi sukses sangat terkait erat dengan konsep Asih, asuh dan asah yang tumbuh dari individu berdasarkan stimulus pengalamannya.

Dari kelima komponen neuro psiko bihavior permanen inilah dapat disimpulkan kesukaan cara belajar mata ajaran serta pilihan kejuruan atau profesi yang berpeluang sukses dikemudian hari.

Pengukuran ini disebut rekam potensi sukses yang hanya cukup sekali seumur hidup karena setiap periodik dilakukan hasil cenderung tetap dan tidak akan berubah.

Rangkuman

Cara kerja otak tidak berubah dan cenderung permanen maka galilah potensi anak remaja anda dan arahkan yang tepat demi masa depan yang berpeluang sukses.

Sistem zonasi tidak menentukan suksesnya anak, karena itu tempatkanlah anak disekolah yang sesuai dengan potensi sukses anak.

Adanya gangguan dalam kecerdasaan sosial disebabkan oleh ketidak sempurnaan Asih, Asuh, dan asah dalam masa BALITA.

Baca juga:

Keterampilan kognisi pada anak balita ditentukan 7 bidang perkembangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!