Terapi stimulus syaraf bagi anak berkebutuhan khusus

Terapi stimulus syaraf berhubungan dengan tumbuh kembang anak . Tumbuh kembang anak merupakan hasil dari banyak faktor, yaitu faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik berasal dari ayah dan ibu, dan  faktor lingkungan meliputi status gizi, tempat tinggal, pola asuh, psikologis, sosial, dan lain-lain. Gangguan tumbuh kembang anak-anak meliputi fisik, motorik, bahasa, emosi dan perilaku. Gejala Autisme pada anak  mulai muncul di usia antara 12 – 18 bulan. Jika gejala autisme sudah diketahui saat usia 18 bulan, penanganan akan sangat mudah dan memberikan hasil yang memuaskan karena  plastisitas otak pada anak usia dini memiliki fungsi yang lebih baik.

 

Terapi stimulus Syaraf bagi anak berkebutuhan khusus
Terapi stimulus Syaraf bagi anak berkebutuhan khusus

 

Mengapa diagnosa autisme sulit ditegakan pada usia dini?   Gejala awal   autisme berupa absennya perilaku normal Gejala awal autisme itu dikecohkan dengan tanda-tanda “anak baik”, anaknya tenang, mandiri, tidak menuntut dan tidak rewel. Beberapa anak autisme tidak merespon jika dimanja, tidak minta digendong, atau melihat ibu mereka sewaktu diberi susu atau disuapi makanan

Ketika orang tua mengetahui anaknya didiagnosa autisme oleh  dokter /psikiater /psikolog , orang tua biasanya  langsung mendaftarkan anaknya untuk terapi. Banyak model dan terapi yang tersedia sebut saja terapi wicara, ABA (Applied Behavior Analysis ), sensori integrasi, dan lainnya. Salah satu penanganan anak Autisme adalah dengan terapi stimulus syaraf.

Apa yang dimaksud dengan terapi stimulus syaraf:

Terapi  yang merangsang kerja syaraf dengan cara  ditepuk ,diketuk,dipijat,dan diusap , pada bagian kepala, tangan. Punggung dan kaki secara teratur, terukur dan konsisten.

Terapi stimulius Syaraf menjadi alternatif pengobatan bagi sebagian orang tua yang anaknya berkebutuhan khusus. Selain pengobatan medis,   Anak berkebutuhan khusus banyak memiliki gangguan perkembangan syaraf disertai berbagai masalah seperti gangguan pencernaan  juga kepekaan.   Terapi stimulus syaraf tepat dijadikan terapi pendamping anak berkebutuhan khusus,.

Manfaat terapi stimulus Syaraf

Terapi stimulus syaraf pada daerah tertentu membuat syaraf dan otot berkontraksi sehingga meningkatkan aliran darah dan menciptakan keseimbangan tubuh . Intensitas terapi tiap anak berbeda tergantung kondisi dan reaksi tubuh anak. Sensai rilex saat diberikan terapi stimulus syaraf akan mempermudah anak tertidur. Disamping menenangkan dan mengatasi hiperaktivitas yang sering terjadi pada anak berkebutuhan khusus.

 

Lokasi terapi stimulus syaraf

1. Stimulus syaraf di kepala dapat merangsang sistem syaraf,meningkatkan konsentrasi, juga menenangkan.

2. Stimulus syaraf pada daerah punggung dapat memperbaiki kinerja seluruh organ tubuh .

3. Stimulus pada dada akan mengangkut racun  tubuh dan  mengontrol Metabolisme.

3. Stimulus daerah perut dapat menghilangkan gangguan pencernaan,

4. Stimulus  dileher dapat meningkatkan kemampuan bicara dan memperlancar sirkulasi darah.

6. Stimulus di tengkuk dapat memperlancar sirkulasi darah ke sususnan syaraf dan menenangkan.

7. Stimulus pada tangan dapat memperbaiki kinerja paru paryu, jantung,usus, pembuangan, juga melancarkan                 sirkulasi darah keseluruh tubuh.

8. Stimulus daerah kaki akan mengatasi hiperaktif,agresif dan merangsang

untuk  konsultasi gratis silahkan hub  di WA 082123524808

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!